Contoh penggunaan VLOOKUP di excel

 VLOOKUP adalah salah satu fungsi yang paling umum digunakan di Excel. Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai dalam tabel dan mengembalikan nilai yang sesuai. Sintaksis untuk VLOOKUP adalah sebagai berikut:

=VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, range_lookup)
  • lookup_value: Ini adalah nilai yang akan dicari dalam tabel.
  • table_array: Ini adalah tabel yang berisi nilai yang akan dicari. Tabel harus diatur dalam format vertikal, dengan kolom pertama berisi nilai yang akan dicari.
  • col_index_num: Ini adalah indeks kolom dari nilai yang akan dikembalikan. Indeks kolom dimulai dari 1, bukan 0.
  • range_lookup: Ini adalah parameter yang menentukan apakah pencarian harus dilakukan secara persis atau secara perkiraan. Jika range_lookup diatur ke TRUE, maka pencarian akan dilakukan secara perkiraan. Jika range_lookup diatur ke FALSE, maka pencarian akan dilakukan secara persis.

Misalnya, jika Anda memiliki tabel seperti berikut:

NamaAlamat
John Doe123 Main Street
Jane Doe456 Elm Street
Peter Smith789 Oak Street

Anda dapat menggunakan fungsi VLOOKUP untuk mencari alamat John Doe dengan menggunakan rumus berikut:

=VLOOKUP("John Doe", A2:B5, 2, FALSE)

Rumus ini akan mengembalikan nilai dari kolom kedua tabel, yaitu alamat. Dalam hal ini, rumus akan mengembalikan alamat "123 Main Street".

Fungsi VLOOKUP dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti:

  • Mencari nilai dalam tabel.
  • Mengembalikan nilai yang sesuai dari tabel.
  • Menggabungkan data dari dua tabel yang berbeda.
  • Membuat laporan.

Fungsi VLOOKUP adalah salah satu fungsi yang paling powerful di Excel. Dengan memahami cara menggunakan fungsi ini, Anda dapat menghemat waktu dan membuat pekerjaan Anda lebih mudah.

Comments

Popular posts from this blog

Makalah sistem bus komputer

Makalah Deadlock

Contoh proposal usaha ternak kambing