Makalah Pemasaran Bisnis Melalui Media Web Atau Blog
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR................................................................................................. 1
DAFTAR ISI............................................................................................................... 2
PENDAHULUAN...................................................................................................... 3
Latar Belakang................................................................................................. 3
PEMBAHASAN......................................................................................................... 4
Pemasaran Media Online................................................................................... 4
Strategi Pemasaran Media Online..................................................................... 5
Pemasaran Melalui Web atau Blog................................................................... 6
Perncanaan Strategi Pemasaran......................................................................... 8
Pengawasan Strategi Pemasaran....................................................................... 9
PENUTUP.................................................................................................................... 10
Kesimpulan....................................................................................................... 10
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................ 11
BAB 1
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Perkembangan teknologi yang semakin pesat mulai digunakan tidak hanya untuk melakukan tukar informasi, berita, dan semacamnya, namun saat ini teknologi sudah mulai digunakan untuk merambah dan memajukan dunia bisnis.
Salah satu teknologi yang perkembangannya semakin pesat adalah teknologi internet, teknologi dunia maya ini merupakan teknologi yang saat ini menjadi trend untuk berbagai kalangan, baik dari anak-anak sampai orang tua saat ini menggunakannya. Dengan internet setiap orang dapat berkomunikasi dengan orang lain yang berada di berbagai belahan dunia tanpa dibatasi waktu dan ruang.
Melalui media ini mereka dapat memperoleh dan menyampaikan berbagai informasi yang dibutuhkan kapan dan dimana saja. Jejaring sosial networking sudah semakin maju yang saat ini bisa dikatakan sebagai yang fenomenal adalah twitter dan facebook. Search engine yang ada didunia maya juga mampu dimanfaatkan untuk membuat seseorang tidak hanya bisa duduk diam tanpa penghasilan, namun dengan internet mereka mampu mendapatkan penghasilan.
Internet saat ini dirasa bisa menjadi solusi pemasaran yang sangat bagus karena bisa diakses oleh orang dalam waktu yang tanpa batas danbisa diakses oleh orang lain darimana saja berada. Pemasaran media online dapat dikatakan sebagai bisnis yang menjanjikan untuk saat ini. Maka dari itu makalah ini akan membahas pemasaran media online.
BAB 2
PEMBAHASAN
Pemasaran Media Online
Pemasaran menurut Philip Kotler adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana seseorang atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan meleui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai. Saat ini pemasaran tidak hanya dilakukan dengan cara memasang iklan di media massa (televisi dan radio) ataupun di media cetak seperti koran, majalah dan sebagainya. Sesuai dengan perkembangan teknologi yaitu internet, pengusaha juga memanfaatkan teknologi baru tersebut sebagai media pemasaran yang baru yang biasa disebut dengan pemasaran internet/online.
Pemasaran media online pada dasarnya adalah kegiatan komunikasi pemasaran dengan menggunakan media Internet. Pada awalnya menggunakan halaman-halaman berformat HTML yang bisa diakses oleh pengguna Internet. Itulah awal dari website yang kemudian menjadi ‘rumah kedua’ bagi perusahaan-perusahaan yang sudah eksis untuk menampilkan jati dirinya. Pada perkembangannya pemasaran online tidak hanya menggunakan media website, namun juga email dan aplikasi-aplikasi lain yang berjalan di atas protocol Internet.
Selama bertahun-tahun kita telah merasakan perubahan yang paling dinamis dan revolusional dalam dunia pemasaran yaitu periklanan dan promosi. Perubahan-perubahan tersebut didorong oleh perkembangan yang terjadi dalam hal teknologi yang telah mengarahkan dunia pemasaran kepada pertumbuhan komunikasi melalui media interaktif khususnya internet. Internet telah merubah cara perusahaan dalam mendesain dan mengimplementasikan keseluruhan strategi bisnis dan pemasaran mereka. Internet juga mempengaruhi program komunikasi pemasaran mereka.
Jutaan perusahaan baik perusahaan multinasional sampai bisnis lokal telah mengembangkan website untuk mempromosikan produk dan jasa mereka dengan cara menyediakan informasi untuk menciptakan interaksi dengan calon konsumen. Fasilitas interaktif yang ditawarkan internet adalah salah satu keuntungan yang utama. Berbeda dengan media tradisional dimana sangat menonjolkan bentuk komunikasi searah, media digital seperti internet memngkinkan bentuk komunikasi dua arah.
Internet sebagai bagian dari program integrated marketing communication dapat menjadi alat yang berguna dalam hal branding. Sangat disayangkan banyak perusahaan belum menemukan bagaimana menjadi brand yang sukses melalui internet. Virus dari social networking membuat pengguna internet atraktif dan pemasar berniat untuk menyebarkan informasi dari mulut ke mulut.
Terdapat banyak alasan mengapa internet menjadi alat pemasaran yang ideal. Internet bisa menjangkau jutaan orang tetapi juga masih bisa digunakan untuk mengejar target pasara yang terdiri dari sekelompok individu tertentu. 24 jam dalam 7 hari sangat menarik dan tidak terdapat batasan geografis. Menurut Internet Marketing for Dummies, internet adalah sarana yang ideal sekaligus yang terburuk untuk memasang iklan. Bagusnya adalah iklan online sangat mudah untuk melacak jumlah orang yang telah mengunjungi iklan yang dipasang. Segi buruknya adalah tidak bisa memastikan bahwa iklan tersebut langsung menghasilkan penjualan.
Pemasaran media online mulai populer sejalan dengan makin populernya penggunaan internet. Sebelum adanya pemasaran media online, kegiatan pemasaran membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Akibatnya para perusahaan kecil atau yang baru bertumbuh tidak mampu melakukan aktivitas pemasaran secara optimal (Lasmadiarta, 2010:3).
Strategi Pemasaran Media Online
Strategi komunikasi pemasaran media online adalah melakukan aktivitas pemasaran dengan menggunakan semua fasilitas yang disediakan oleh internet dengan tujuan meningkatkan hasil penjualan dan menjalin komunikasi yang lebih baik kepada pelanggan. Pemasaran dengan internet pada dasarnya memiliki konsep yang sama, walaupun menggunakan sarana yang berbeda-beda. Oleh sebab itu aktivitas pemasaran dilakukan tetap berpedoman pada market, produk, website, trafik dan kredibilitas (Lasmadiarta, 2010:9-19).
Ada sejumlah alasan mengapa usaha mulai membidik pasar Internet.
Para penonton televisi mulai berpindah ke Internet. Karena mereka pindah maka media iklan harus mengikutinya, dengan asumsi bahwa tujuan pemasar mana pun adalah untuk menjangkau target audiens-nya secara efektif dan efisien. Para pemasar mengakui bahwa mereka harus melakukan penyesuaian perencanaan pemasarannya untuk mengejar terus meningkatnya jumlah orang yang menghabiskan waktu di depan media online, seringkali dengan meninggalkan media yang lain.
Untuk membidik pasar internet menggunakan iklan yang dapat di-update setiap waktu dengan biaya minimal: karena itu iklan-iklan di internet selalu bisa tampil baru.
Pasar internet dapat menjangkau pembeli potensial dalam jumlah yang sangat besar dalam hitungan global.
Biaya untuk iklan online kadang-kadang lebih murah dibandingkan iklan televisi, koran, atau radio. Media beriklan yang disebutkan belakangan itu menjadi lebih mahal karena ditentukan oleh ruang yang akan dipakai, berapa hari (waktunya) iklan tersebut akan dimuat, serta pada berapa stasiun televisi dan koran lokal atau nasional iklan tersebut akan dipasang.
Iklan di internet dapat secara efisien menggunakan konvergensi teks, audio, grafik, dan animasi.
Internet sendiri sedang berkembang dengan pesatnya.
Kita dapat membuat iklan secara interaktif dan dibidikkan ke kelompok-kelompok tertentu dan atau perorangan.
Pengertian strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan mengenai bauran pemasaran, biaya marketing, dan alokasi pemasaran, dalam kaitannya dengan kondisi persaingan dan keadaan lingkungan yang diharapkan.
Dari pengertian manajemen dan strategi pemasaran di atas dapat disimpulkan bahwa manajemen strategi pemasaran adalah proses perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan terhadap strategi pemasaran. Dengan demikian, dalam manajemen strategi pemasaran terkandung makna perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan pemasaran yang meliputi bauran pemasaran, biaya pemasaran, dan alokasi pemasaran.
Untuk mendapatkan hasil yang optimal dari kegiatan pemasaran online, tentu saja dibutuhkan berbagai strategi. Berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran online yang dapat diterapkan salah satunya, atau beberapa strategi secara simultan, baik oleh individu maupun perusahaan atau badan usaha.
Pemasaran Melalui Web atau Blog
Ada sejumlah syarat yang mesti dipenuhi agar pemasaran menggunakan media situs web atau blog dapat berjalan efektif dan efisien, yang pada akhirnya tujuan dari pemasaran yang telah ditetapkan dapat tercapai. Tujuan pemasaran dapat berupa peningkatan penjualan, peningkatan brand awareness, atau mengedukasi pasar.
Syarat-syarat yang mesti dipenuhi web atau blog agar mampu menjadi media pemasaran online, antara lain desain yang menarik, tampilan yang memikat, sajian informasi yang lengkap, kenyamanan, dan kemudan untuk diakses.
Kelebihan
Tidak dibatasi oleh geografi . Ketika anda ingin mempromosikan sebuah produk di internet, produk anda bisa menjangkau jauh ke belahan bumi lain dengan cepat. Internet marketing bisa melewati batas laut, darat dan udara.
Metode periklanan yang paling murah .Anda bisa mengenalkan produk anda lewat social media ataupun email kepada calon pelanggan anda. Hanya dengan satu klik apa yang akan anda sampaikan bisa di terima oleh ribuan bahkan jutaan orang. Jika perusahaan anda memiliki website atau blog , kemudian blog tersebut berisi konten yang menarik baik review produk ataupun konten yang lain, pengunjung blog biasanya akan membagikanya ke teman mereka di akun social yang mereka miliki. Inilah sedikit pengertian viral marketing. Dengan demikian
Promosi tetap berjalan meskipun anda sedang tidak online ataupun anda sedang tidur karena aktifitas internet adalah 24 jam sehari.
Dengan internet marketing anda membangun profil dan kredibilitas anda sebagai marketer. Konten yang bagus pada blog, Logo dengan warna menarik, design web responsive ataupun update social media yang pas menunjukan siapa anda. Jika anda suka memposting konten-konten esek………………ek, orang berpendapat seperti demikianlah anda. Oleh karena itu postinglah konten yang menarik dan segar yang membuat nilai tambah pada pengunjung blog atau web yang anda miliki.
Tidak ada yang terbuang percuma.
Kalau anda mempunyai artikel atau video yang anda posting lima tahun yang lalu, sekarang postingan tersebut tidaklah menjadi barang sampah. Postingan tersebut bisa jadi malah menjadi top views yang memancing orang untuk mengunjungi halaman lain dari blog anda.
Pemasaran online bisa langsung mengenai sasaran. Dengan kata kunci atau niche yang tepat yang sesuai pencarian di mesin pencari seperti google, bing dan yahoo. Produk yang anda jual akan langsung sampai kepada potensi pembeli yang sedang mencari produk anda.
Data dan statistik promosi, pemasaran , pengunjung web blog anda sangat jelas.
Anda bisa mengetahui dari mana pengunjung blog anda, halaman mana saja yang mereka kunjungi, dan berapa lama mereka berada di situs anda. Dengan data yang akurat anda bisa menganalisa apa kebutuhan konsumen.
Anda bisa memberikan link promosi produk anda ke website lain. Jika ada sebuah website atau blog yang memiliki ribuan pengunjung setiap hari, ibaratnya seperti sebuah toko dipasar yang ramai pengunjung dan melihat-lihat produk anda. Anda perlu menyewa ruang iklan dan berikan link ke produk yang anda jual ke situs tersebut. Kemungkinan besar pengunjung website tersebut akan tertarik dengan display banner yang anda pampang. Biaya promosi semacam ini biasanya tidak mahal. Anda bisa memperhitungkan nilai penjualan yang akan anda peroleh.
Brand produk atau perusahaan anda akan semakin kokoh di dunia maya. Hal ini tentu sangat berpengaruh kepada peningkatan penjualan dan loyalitas konsumen di gerai-gerai offline. Memenangkan brand di dunia internet adalah hal yang penting sebelum perusahaan atau produk yang sejenis mendahului.
Kekurangan
Sangat tergantung dengan jaringan internet. Walaupun pemasaran online bisa menjangkau ke seluruh penjuru bumi namun kalau jaringan internet tiba-tiba mati. Mau apa lagi.
Keamanan . Ini adalah masalah serius yang paling sering dihadapi oleh para marketer. Kejahatan tidak hanya di dunia nyata mulai, hacking, pencurian password, pembobolan kartu kredit sampai pencurian data base. Sebelum anda memulai bisnis online maka pertimbangkanlah masalah keamanan. Anda harus meminimalisir kerugian apabila terjadi kerusakan atau serangan dari penjahat cyber terhadap website anda. Biaya keamanan terkadang sangat tinggi sehingga anda harus merogoh kocek anda banyak-banyak untuk pos yang satu ini.
Pelanggaran hak cipta. Hal ini sering juga dikeluhkan oleh para creator. Penjiplakan karya cipta sangat mudah didunia online. Jika anda menjual e-book dalam bentuk PDF dengan mudah di kopi hanya hitungan detik.
Orang enggan beli secara online. Di Negara maju transaksi online sudah seperti transaksi layaknya di pasar tradisional di Indonesia. Namun, sekarang ini transaksi secara online terus meningkat seiring bertambahnya pengguna internet. Di Indonesia sebenarnya adalah pasar yang potensial, namun belum tergarap. Konsumen sudah mulai membeli produk secara online namun masih terbatas pada produk digital dan tiket pesawat atau kereta api. Hanya sebagian kecil membeli produk fisik. Sebagian kecil ini sebenarnya terus berkembang, siapakah yang akan mengambil peluang ini. Apakah anda?
Masalah pengiriman barang. Kalau anda menjual produk digital ini tidak masalah namun jika anda menjual produk furniture dari Jepara bagaimana pengirimanya? Biaya pengiriman yang sangat tinggi terkadang membuat orang malas menjual produk mereka yang berat secara online karena akan membengkakan biaya yang akhirnya harga barang menjadi sangat tinggi.
Kepercayaan konsumen. Untuk membangun kepercayaan konsumen secara online sangatlah sulit, anda harus membuat profil dan mengenalkan produk anda dengan jujur. Sekali saja anda menjual sesuatu yang buruk dan terkesan menipu, anda akan lihat segera muncul review yang buruk tentang produk anda. Hal ini sangat menyulitkan mengembalikan image negative yang bertebaran di internet.
Penguasaan teknologi informasi yang kurang. Untuk berjualan secara online paling tidak anda harus bisa menerima dan mengirim email. Hal ini terkadang tidak dikuasai oleh orang kebanyakan sehingga untuk terjun ke bisnis online menjadi enggan.
Metode bertransaksi. Jual beli tentunya melakukan transaksi. Jika anda jual secara kontan atau kredit itu jelas. Namun jual online memerlukan system pembayaran sendiri. Ada yang menggunakan paypal, kartu kredit ataupun bitcoin . Dari ketiga jenis pembayaran tersebut masih banyak orang yang tidak pernah atau tidak bisa menggunakanya.
Perncanaan Strategi Pemasaran
Merencanakan tujuan yang hendak diraih dari implementasi suatu strategi pemasaran online.
Merencanakan anggaran untuk pelaksanaan suatu strategi pemasaran.
Pengorganisasian dan penggerakan strategi pemasaran
Menetapkan salah satu atau beberapa strategi pemasaran online yang akan digunakan.
Pembuatan desain, baik visual maupun konten untuk web, blog, atau online advertising semenarik mungkin, dengan penggunaan yang semudah mungkin bagi calon konsumen.
Sinkronisasi rencana anggaran dengan implementasinya.
Pengawasan Strategi Pemasaran
Pengawasan terhadap implementasi strategi pemasaran online yang digunakan untuk melakukan kegiatan pemasaran.
Menganalisis efektivitas dari kegiatan pemasaran yang telah dilakukan.
Melakukan evaluasi terhadap tingkat pencapaian tujuan dari kegiatan pemasaran.
Menjaga agar komunikasi dengan para konsumen melalui berbagai strategi pemasaran online terus berjalan dan terjaga dengan baik.
Penilaian terhadap desain visual dan konten media pemasaran online, apakah masih sesuai atau perlu dilakukan perubahan-perubahan.
Begitulah manajemen dan strategi pemasaran bersinergi, yang melahirkan manajemen strategi pemasaran. Praktik manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan, yang dipadukan dengan berbagai strategi pemasaran akan membuat aktivitas pemasaran online menjadi makin terkonsep, terarah, tajam, dan jelas. Dari praktik pemasaran yang terarah, terkonsep, jelas, dan tajam ini, peluang keberhasilan yang bisa diraih tentu saja makin besar dibandingkan jika kegiatan pemasaran online dilakukan tanpa dilandasi praktik manajemen yang baik. Berawal dari praktik manajemen strategi pemasaran online, pada gilirannya akan menjadi penopang bangunan bisnis agar senantiasa mampu berdiri kukuh.
Agar lebih mendukung untuk pertumbuhan bisnis, kuncinya adalah rajin mengupdate kontent yang ada pada blog tersebut. Bisa jadi anda telah mendapatkan calon konsumen yang selalu setia menengok produk terbaru anda, namun menjadi kecewa karena berita pada blog sudah tidak relevan dengan produk kita, maka dari itu kita dituntut untuk mengupdate kontent supaya bisnis terlihat lebih hidup dan dinamis.
BAB 3
KESIMPULAN
Di zaman yang sudah sangat berkembang ini pemasaran tidak hanya dilakukan dengan memasang iklan di televisi, radio maupun media cetak, pemasaran juga dilakukan dengan menggunakan new media (internet) seiring dengan semakin canggihnya teknologi. Pemasaran online adalah pemasaran yang dilakukan melalui sistem komputer online interaktif, yang menghubungkan pembeli dan penjual secara elektronik dengan cara melaui website, blog atau media sosial seperti facebook dan twitter. Selain itu dampak positif dan negatif pemasaran media online harus di perhatikan agar pemasaran online yang telah disusn berjalan dengan lancar dan berhasil.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.marketing.co.id
http://bisnisabdoels.blogspot.com
www.kutukutubuku.com
KATA PENGANTAR................................................................................................. 1
DAFTAR ISI............................................................................................................... 2
PENDAHULUAN...................................................................................................... 3
Latar Belakang................................................................................................. 3
PEMBAHASAN......................................................................................................... 4
Pemasaran Media Online................................................................................... 4
Strategi Pemasaran Media Online..................................................................... 5
Pemasaran Melalui Web atau Blog................................................................... 6
Perncanaan Strategi Pemasaran......................................................................... 8
Pengawasan Strategi Pemasaran....................................................................... 9
PENUTUP.................................................................................................................... 10
Kesimpulan....................................................................................................... 10
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................ 11
BAB 1
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Perkembangan teknologi yang semakin pesat mulai digunakan tidak hanya untuk melakukan tukar informasi, berita, dan semacamnya, namun saat ini teknologi sudah mulai digunakan untuk merambah dan memajukan dunia bisnis.
Salah satu teknologi yang perkembangannya semakin pesat adalah teknologi internet, teknologi dunia maya ini merupakan teknologi yang saat ini menjadi trend untuk berbagai kalangan, baik dari anak-anak sampai orang tua saat ini menggunakannya. Dengan internet setiap orang dapat berkomunikasi dengan orang lain yang berada di berbagai belahan dunia tanpa dibatasi waktu dan ruang.
Melalui media ini mereka dapat memperoleh dan menyampaikan berbagai informasi yang dibutuhkan kapan dan dimana saja. Jejaring sosial networking sudah semakin maju yang saat ini bisa dikatakan sebagai yang fenomenal adalah twitter dan facebook. Search engine yang ada didunia maya juga mampu dimanfaatkan untuk membuat seseorang tidak hanya bisa duduk diam tanpa penghasilan, namun dengan internet mereka mampu mendapatkan penghasilan.
Internet saat ini dirasa bisa menjadi solusi pemasaran yang sangat bagus karena bisa diakses oleh orang dalam waktu yang tanpa batas danbisa diakses oleh orang lain darimana saja berada. Pemasaran media online dapat dikatakan sebagai bisnis yang menjanjikan untuk saat ini. Maka dari itu makalah ini akan membahas pemasaran media online.
BAB 2
PEMBAHASAN
Pemasaran Media Online
Pemasaran menurut Philip Kotler adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana seseorang atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan meleui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai. Saat ini pemasaran tidak hanya dilakukan dengan cara memasang iklan di media massa (televisi dan radio) ataupun di media cetak seperti koran, majalah dan sebagainya. Sesuai dengan perkembangan teknologi yaitu internet, pengusaha juga memanfaatkan teknologi baru tersebut sebagai media pemasaran yang baru yang biasa disebut dengan pemasaran internet/online.
Pemasaran media online pada dasarnya adalah kegiatan komunikasi pemasaran dengan menggunakan media Internet. Pada awalnya menggunakan halaman-halaman berformat HTML yang bisa diakses oleh pengguna Internet. Itulah awal dari website yang kemudian menjadi ‘rumah kedua’ bagi perusahaan-perusahaan yang sudah eksis untuk menampilkan jati dirinya. Pada perkembangannya pemasaran online tidak hanya menggunakan media website, namun juga email dan aplikasi-aplikasi lain yang berjalan di atas protocol Internet.
Selama bertahun-tahun kita telah merasakan perubahan yang paling dinamis dan revolusional dalam dunia pemasaran yaitu periklanan dan promosi. Perubahan-perubahan tersebut didorong oleh perkembangan yang terjadi dalam hal teknologi yang telah mengarahkan dunia pemasaran kepada pertumbuhan komunikasi melalui media interaktif khususnya internet. Internet telah merubah cara perusahaan dalam mendesain dan mengimplementasikan keseluruhan strategi bisnis dan pemasaran mereka. Internet juga mempengaruhi program komunikasi pemasaran mereka.
Jutaan perusahaan baik perusahaan multinasional sampai bisnis lokal telah mengembangkan website untuk mempromosikan produk dan jasa mereka dengan cara menyediakan informasi untuk menciptakan interaksi dengan calon konsumen. Fasilitas interaktif yang ditawarkan internet adalah salah satu keuntungan yang utama. Berbeda dengan media tradisional dimana sangat menonjolkan bentuk komunikasi searah, media digital seperti internet memngkinkan bentuk komunikasi dua arah.
Internet sebagai bagian dari program integrated marketing communication dapat menjadi alat yang berguna dalam hal branding. Sangat disayangkan banyak perusahaan belum menemukan bagaimana menjadi brand yang sukses melalui internet. Virus dari social networking membuat pengguna internet atraktif dan pemasar berniat untuk menyebarkan informasi dari mulut ke mulut.
Terdapat banyak alasan mengapa internet menjadi alat pemasaran yang ideal. Internet bisa menjangkau jutaan orang tetapi juga masih bisa digunakan untuk mengejar target pasara yang terdiri dari sekelompok individu tertentu. 24 jam dalam 7 hari sangat menarik dan tidak terdapat batasan geografis. Menurut Internet Marketing for Dummies, internet adalah sarana yang ideal sekaligus yang terburuk untuk memasang iklan. Bagusnya adalah iklan online sangat mudah untuk melacak jumlah orang yang telah mengunjungi iklan yang dipasang. Segi buruknya adalah tidak bisa memastikan bahwa iklan tersebut langsung menghasilkan penjualan.
Pemasaran media online mulai populer sejalan dengan makin populernya penggunaan internet. Sebelum adanya pemasaran media online, kegiatan pemasaran membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Akibatnya para perusahaan kecil atau yang baru bertumbuh tidak mampu melakukan aktivitas pemasaran secara optimal (Lasmadiarta, 2010:3).
Strategi Pemasaran Media Online
Strategi komunikasi pemasaran media online adalah melakukan aktivitas pemasaran dengan menggunakan semua fasilitas yang disediakan oleh internet dengan tujuan meningkatkan hasil penjualan dan menjalin komunikasi yang lebih baik kepada pelanggan. Pemasaran dengan internet pada dasarnya memiliki konsep yang sama, walaupun menggunakan sarana yang berbeda-beda. Oleh sebab itu aktivitas pemasaran dilakukan tetap berpedoman pada market, produk, website, trafik dan kredibilitas (Lasmadiarta, 2010:9-19).
Ada sejumlah alasan mengapa usaha mulai membidik pasar Internet.
Para penonton televisi mulai berpindah ke Internet. Karena mereka pindah maka media iklan harus mengikutinya, dengan asumsi bahwa tujuan pemasar mana pun adalah untuk menjangkau target audiens-nya secara efektif dan efisien. Para pemasar mengakui bahwa mereka harus melakukan penyesuaian perencanaan pemasarannya untuk mengejar terus meningkatnya jumlah orang yang menghabiskan waktu di depan media online, seringkali dengan meninggalkan media yang lain.
Untuk membidik pasar internet menggunakan iklan yang dapat di-update setiap waktu dengan biaya minimal: karena itu iklan-iklan di internet selalu bisa tampil baru.
Pasar internet dapat menjangkau pembeli potensial dalam jumlah yang sangat besar dalam hitungan global.
Biaya untuk iklan online kadang-kadang lebih murah dibandingkan iklan televisi, koran, atau radio. Media beriklan yang disebutkan belakangan itu menjadi lebih mahal karena ditentukan oleh ruang yang akan dipakai, berapa hari (waktunya) iklan tersebut akan dimuat, serta pada berapa stasiun televisi dan koran lokal atau nasional iklan tersebut akan dipasang.
Iklan di internet dapat secara efisien menggunakan konvergensi teks, audio, grafik, dan animasi.
Internet sendiri sedang berkembang dengan pesatnya.
Kita dapat membuat iklan secara interaktif dan dibidikkan ke kelompok-kelompok tertentu dan atau perorangan.
Pengertian strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan mengenai bauran pemasaran, biaya marketing, dan alokasi pemasaran, dalam kaitannya dengan kondisi persaingan dan keadaan lingkungan yang diharapkan.
Dari pengertian manajemen dan strategi pemasaran di atas dapat disimpulkan bahwa manajemen strategi pemasaran adalah proses perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan terhadap strategi pemasaran. Dengan demikian, dalam manajemen strategi pemasaran terkandung makna perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan pemasaran yang meliputi bauran pemasaran, biaya pemasaran, dan alokasi pemasaran.
Untuk mendapatkan hasil yang optimal dari kegiatan pemasaran online, tentu saja dibutuhkan berbagai strategi. Berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran online yang dapat diterapkan salah satunya, atau beberapa strategi secara simultan, baik oleh individu maupun perusahaan atau badan usaha.
Pemasaran Melalui Web atau Blog
Ada sejumlah syarat yang mesti dipenuhi agar pemasaran menggunakan media situs web atau blog dapat berjalan efektif dan efisien, yang pada akhirnya tujuan dari pemasaran yang telah ditetapkan dapat tercapai. Tujuan pemasaran dapat berupa peningkatan penjualan, peningkatan brand awareness, atau mengedukasi pasar.
Syarat-syarat yang mesti dipenuhi web atau blog agar mampu menjadi media pemasaran online, antara lain desain yang menarik, tampilan yang memikat, sajian informasi yang lengkap, kenyamanan, dan kemudan untuk diakses.
Kelebihan
Tidak dibatasi oleh geografi . Ketika anda ingin mempromosikan sebuah produk di internet, produk anda bisa menjangkau jauh ke belahan bumi lain dengan cepat. Internet marketing bisa melewati batas laut, darat dan udara.
Metode periklanan yang paling murah .Anda bisa mengenalkan produk anda lewat social media ataupun email kepada calon pelanggan anda. Hanya dengan satu klik apa yang akan anda sampaikan bisa di terima oleh ribuan bahkan jutaan orang. Jika perusahaan anda memiliki website atau blog , kemudian blog tersebut berisi konten yang menarik baik review produk ataupun konten yang lain, pengunjung blog biasanya akan membagikanya ke teman mereka di akun social yang mereka miliki. Inilah sedikit pengertian viral marketing. Dengan demikian
Promosi tetap berjalan meskipun anda sedang tidak online ataupun anda sedang tidur karena aktifitas internet adalah 24 jam sehari.
Dengan internet marketing anda membangun profil dan kredibilitas anda sebagai marketer. Konten yang bagus pada blog, Logo dengan warna menarik, design web responsive ataupun update social media yang pas menunjukan siapa anda. Jika anda suka memposting konten-konten esek………………ek, orang berpendapat seperti demikianlah anda. Oleh karena itu postinglah konten yang menarik dan segar yang membuat nilai tambah pada pengunjung blog atau web yang anda miliki.
Tidak ada yang terbuang percuma.
Kalau anda mempunyai artikel atau video yang anda posting lima tahun yang lalu, sekarang postingan tersebut tidaklah menjadi barang sampah. Postingan tersebut bisa jadi malah menjadi top views yang memancing orang untuk mengunjungi halaman lain dari blog anda.
Pemasaran online bisa langsung mengenai sasaran. Dengan kata kunci atau niche yang tepat yang sesuai pencarian di mesin pencari seperti google, bing dan yahoo. Produk yang anda jual akan langsung sampai kepada potensi pembeli yang sedang mencari produk anda.
Data dan statistik promosi, pemasaran , pengunjung web blog anda sangat jelas.
Anda bisa mengetahui dari mana pengunjung blog anda, halaman mana saja yang mereka kunjungi, dan berapa lama mereka berada di situs anda. Dengan data yang akurat anda bisa menganalisa apa kebutuhan konsumen.
Anda bisa memberikan link promosi produk anda ke website lain. Jika ada sebuah website atau blog yang memiliki ribuan pengunjung setiap hari, ibaratnya seperti sebuah toko dipasar yang ramai pengunjung dan melihat-lihat produk anda. Anda perlu menyewa ruang iklan dan berikan link ke produk yang anda jual ke situs tersebut. Kemungkinan besar pengunjung website tersebut akan tertarik dengan display banner yang anda pampang. Biaya promosi semacam ini biasanya tidak mahal. Anda bisa memperhitungkan nilai penjualan yang akan anda peroleh.
Brand produk atau perusahaan anda akan semakin kokoh di dunia maya. Hal ini tentu sangat berpengaruh kepada peningkatan penjualan dan loyalitas konsumen di gerai-gerai offline. Memenangkan brand di dunia internet adalah hal yang penting sebelum perusahaan atau produk yang sejenis mendahului.
Kekurangan
Sangat tergantung dengan jaringan internet. Walaupun pemasaran online bisa menjangkau ke seluruh penjuru bumi namun kalau jaringan internet tiba-tiba mati. Mau apa lagi.
Keamanan . Ini adalah masalah serius yang paling sering dihadapi oleh para marketer. Kejahatan tidak hanya di dunia nyata mulai, hacking, pencurian password, pembobolan kartu kredit sampai pencurian data base. Sebelum anda memulai bisnis online maka pertimbangkanlah masalah keamanan. Anda harus meminimalisir kerugian apabila terjadi kerusakan atau serangan dari penjahat cyber terhadap website anda. Biaya keamanan terkadang sangat tinggi sehingga anda harus merogoh kocek anda banyak-banyak untuk pos yang satu ini.
Pelanggaran hak cipta. Hal ini sering juga dikeluhkan oleh para creator. Penjiplakan karya cipta sangat mudah didunia online. Jika anda menjual e-book dalam bentuk PDF dengan mudah di kopi hanya hitungan detik.
Orang enggan beli secara online. Di Negara maju transaksi online sudah seperti transaksi layaknya di pasar tradisional di Indonesia. Namun, sekarang ini transaksi secara online terus meningkat seiring bertambahnya pengguna internet. Di Indonesia sebenarnya adalah pasar yang potensial, namun belum tergarap. Konsumen sudah mulai membeli produk secara online namun masih terbatas pada produk digital dan tiket pesawat atau kereta api. Hanya sebagian kecil membeli produk fisik. Sebagian kecil ini sebenarnya terus berkembang, siapakah yang akan mengambil peluang ini. Apakah anda?
Masalah pengiriman barang. Kalau anda menjual produk digital ini tidak masalah namun jika anda menjual produk furniture dari Jepara bagaimana pengirimanya? Biaya pengiriman yang sangat tinggi terkadang membuat orang malas menjual produk mereka yang berat secara online karena akan membengkakan biaya yang akhirnya harga barang menjadi sangat tinggi.
Kepercayaan konsumen. Untuk membangun kepercayaan konsumen secara online sangatlah sulit, anda harus membuat profil dan mengenalkan produk anda dengan jujur. Sekali saja anda menjual sesuatu yang buruk dan terkesan menipu, anda akan lihat segera muncul review yang buruk tentang produk anda. Hal ini sangat menyulitkan mengembalikan image negative yang bertebaran di internet.
Penguasaan teknologi informasi yang kurang. Untuk berjualan secara online paling tidak anda harus bisa menerima dan mengirim email. Hal ini terkadang tidak dikuasai oleh orang kebanyakan sehingga untuk terjun ke bisnis online menjadi enggan.
Metode bertransaksi. Jual beli tentunya melakukan transaksi. Jika anda jual secara kontan atau kredit itu jelas. Namun jual online memerlukan system pembayaran sendiri. Ada yang menggunakan paypal, kartu kredit ataupun bitcoin . Dari ketiga jenis pembayaran tersebut masih banyak orang yang tidak pernah atau tidak bisa menggunakanya.
Perncanaan Strategi Pemasaran
Merencanakan tujuan yang hendak diraih dari implementasi suatu strategi pemasaran online.
Merencanakan anggaran untuk pelaksanaan suatu strategi pemasaran.
Pengorganisasian dan penggerakan strategi pemasaran
Menetapkan salah satu atau beberapa strategi pemasaran online yang akan digunakan.
Pembuatan desain, baik visual maupun konten untuk web, blog, atau online advertising semenarik mungkin, dengan penggunaan yang semudah mungkin bagi calon konsumen.
Sinkronisasi rencana anggaran dengan implementasinya.
Pengawasan Strategi Pemasaran
Pengawasan terhadap implementasi strategi pemasaran online yang digunakan untuk melakukan kegiatan pemasaran.
Menganalisis efektivitas dari kegiatan pemasaran yang telah dilakukan.
Melakukan evaluasi terhadap tingkat pencapaian tujuan dari kegiatan pemasaran.
Menjaga agar komunikasi dengan para konsumen melalui berbagai strategi pemasaran online terus berjalan dan terjaga dengan baik.
Penilaian terhadap desain visual dan konten media pemasaran online, apakah masih sesuai atau perlu dilakukan perubahan-perubahan.
Begitulah manajemen dan strategi pemasaran bersinergi, yang melahirkan manajemen strategi pemasaran. Praktik manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan, yang dipadukan dengan berbagai strategi pemasaran akan membuat aktivitas pemasaran online menjadi makin terkonsep, terarah, tajam, dan jelas. Dari praktik pemasaran yang terarah, terkonsep, jelas, dan tajam ini, peluang keberhasilan yang bisa diraih tentu saja makin besar dibandingkan jika kegiatan pemasaran online dilakukan tanpa dilandasi praktik manajemen yang baik. Berawal dari praktik manajemen strategi pemasaran online, pada gilirannya akan menjadi penopang bangunan bisnis agar senantiasa mampu berdiri kukuh.
Agar lebih mendukung untuk pertumbuhan bisnis, kuncinya adalah rajin mengupdate kontent yang ada pada blog tersebut. Bisa jadi anda telah mendapatkan calon konsumen yang selalu setia menengok produk terbaru anda, namun menjadi kecewa karena berita pada blog sudah tidak relevan dengan produk kita, maka dari itu kita dituntut untuk mengupdate kontent supaya bisnis terlihat lebih hidup dan dinamis.
BAB 3
KESIMPULAN
Di zaman yang sudah sangat berkembang ini pemasaran tidak hanya dilakukan dengan memasang iklan di televisi, radio maupun media cetak, pemasaran juga dilakukan dengan menggunakan new media (internet) seiring dengan semakin canggihnya teknologi. Pemasaran online adalah pemasaran yang dilakukan melalui sistem komputer online interaktif, yang menghubungkan pembeli dan penjual secara elektronik dengan cara melaui website, blog atau media sosial seperti facebook dan twitter. Selain itu dampak positif dan negatif pemasaran media online harus di perhatikan agar pemasaran online yang telah disusn berjalan dengan lancar dan berhasil.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.marketing.co.id
http://bisnisabdoels.blogspot.com
www.kutukutubuku.com
Comments
Post a Comment